FAKULTAS SASTRA DAN HUMANIORA
faksastra@uim-makassar.ac.id

Perkembangan teknologi akan selalu diwarnai dengan inovasi-inovasi baru. Namun, manakah yang terbaik dan memiliki potensi untuk mengubah dunia?

Dalam artikelnya untuk Time, Kamis (4/1/2018), Bill Gates memilih enam inovasi besar yang patut Anda simak. Berikut paparannya:

1. Penyimpanan vaksin yang lebih baik

Vaksin adalah salah satu temuan paling berharga dalam perlawanan manusia terhadap penyakit. Sayangnya, vaksin juga mudah rusak bila tidak disimpan dengan baik.

Sekelompok peneliti dari Global Good in Seattle yang ingin menyelesaikan masalah ini telah menciptakan kulkas baru untuk vaksin yang bernama MetaFridge. Kulkas ini bisa mempertahankan suhu dinginnya walaupun mati lampu yang cukup lama sehingga vaksin tetap aman.

Kini, mereka sedang berusaha menciptakan versi lebih kecil dari kulkas tersebut agar mudah dibawa ke tempat-tempat terpencil.

 

2. Alat penyunting gen

Alat penyunting gen yang kita miliki sekarang, CRISPR, telah digunakan untuk menciptakan berbagai terobosan baru di dunia biomedis. Namun, Gates mengakui bahwa kita masih berada dalam tahap awal pengembangan alat tersebut.

Ke depan, Gates memprediksikan alat penyunting gen akan bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit dan menghilangkan malaria.

“Saya tahu ada banyak pertanyaan mengenai cara menggunakan teknologi ini dengan bertanggung jawab, tapi saya memiliki harapan besar terhadap kemungkinan yang ada,” tulisnya.

3. Energi matahari

Tidak bisa dimungkiri bahwa dalam usaha menghentikan perubahan iklim, kita harus mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil.

Untungnya, Gates berkata bahwa penggunaan energi matahari sebagai alternatif akan segera terjadi.  Dia mengonklusikan hal tersebut setelah melakukan kunjungan ke laboratorium California Institute of Technology.

 

4. Vaksin mRNA

Penggunaan vaksin masih dibebani biaya yang mahal karena diciptakan dari virus yang lemah atau tidak aktif. Kini, para ilmuwan sedang berlomba-lomba untuk menggunakan materi genetis sebagai vaksin.

Selain lebih murah, Gates berkata bahwa pendekatan ini akan mengajari tubuh untuk menciptakan perlindungan alami dan mencegah penyakit.

5. Pemberian obat yang lebih baik

Perusahaan Intarcia telah menciptakan sebuah alat yang bisa ditanam di bawah kulit dan melepaskan pengobatan perlahan-lahan.

Gates berkata bahwa teknologi ini memiliki banyak aplikasi, tetapi yang paling menarik adalah HIV prophylactic. Dia menulis, satu implan (HIV prophylactic) bisa melindungi seseorang yang berisiko HIV selama setahun.

 

6. Kecerdasan buatan (AI)

Dari semua inovasi yang ada di daftarnya, Gates menilai bahwa inovasi ini akan menjadi yang paling mengubah dunia.

Dia mengakui bahwa AI akan menimbulkan tantangan-tantangan baru bagi manusia. Namun, AI juga akan membuat hidup kita lebih produktif, efisien, dan lebih mudah.